Gejala Komputer Sering Restart

Sering mengalami kejadian tidak lucu sewaktu lagi serunya mengetik atau bekerja di pc, eh tiba-tiba pc jadi hang alias macet atau restart sendiri… Nah saya beberkan 10 alasan alias perkiraan kenapa hal-hal konyol tersebut bisa terjadi. Mungkin diantara Anda sudah banyak yang tahu, tapi ya saya coba post di :

Hardware conflict. Terkadang sering terjadi konflik antar hardware yang satu dengan yang lain karena tidak saling mendukung. Sebagai contoh; motherboard kalau tidak support dengan VGA card, menyebabkan tampilan gambar menjadi kotak-kotak atau bergaris-garis. Bahkan komputer jadi suka restart sendiri (bukan disebabkan oleh virus). Bisa juga disebabkan karena driver hardware tersebut tidak terinstall dengan baik. Untuk menlihat hardware yang bermasalah, coba klik Start Menu terus klik Setting -> Control Panel -> System -> Device Manager. Nah disana coba liat ada ngga tanda ! dalam segitiga kuning. Kalau ada berarti ada hardware yang bermasalah. Cara yang paling baik yaitu reinstall lagi driver untuk hardware tersebut. Atau gunakan tool untuk melihat software driver dari hardware tersebut apakah sudah benar.

RAM (memory card) yang jelek terkadang sering membuat “blue screen”, dan terkadang terdengar suara beep 2 kali. Coba periksalah RAM Anda, mungkin rusak atau posisinya kurang pas. Kesalahan juga dapat terjadi jika 2 RAM yang berbeda (baik merk maupun kapasitas) dipasang pada satu komputer. Kalau mau menambah RAM usahakan spesifikasi nya sama.

 

BIOS. Kalau sempat, sesekali mampir ke web pembuat BIOS nya dan download update BIOS Anda. Untuk menginstall boleh minta tolong kawan atau orang yang lebih berpengalaman.

 

Hard Disk. Sering gara-gara susunan file di dalam hard disk sudah tidak beraturan menyebabkan pc menjadi hang karena file nya entah ada di ujung sector, entah di tengah, pokoknya acak-acakan. Makanya sering lakukan Disk Defragment. Jika ada file atau data yang tidak lagi berguna, silahkan di hapus atau di burn saja ke CD atau DVD untuk kepentingan lebih lanjut. Jangan lupa jalankan Disk Clean-Up sebulan sekali (periodik).

 

Fatal OE Exception. Yang ini disebabkan video card yang tidak support, coba ganti setting apperance nya. Kalau tidak bisa juga berarti VGA card nya harus diganti dengan VGA card yang lain. Baca petunjuk motherboard (manual book) mengenai VGA card apa yang disupport atau cek ke webnya.

 

Virus. Terkadang virus suka bikin pc kita jadi aneh bin ajaib. Install software anti virus dengan real time protection dan sering diupdate virus definitionnya.

 

Printer. Terkadang di saat kita mau nge print file yang besar, sering membuat pc kita hang. Hal ini disebabkan karena setiap kita hendak nge print dokumen PC mengirimkan file tersebut ke memori yang ada di printer (memorinya kecil). Kalau hal ini terjadi, cabut lah kabel penyambung printer ke pc. Setelah itu matikan printernya sebentar dan tekan tombol reset pada printer.

 

Software. Masalah yang sering bikin komputer hang adalah software. Sebelum instalasi cek dulu apakah ia disupport oleh sistem operasi pc kita (baik MAC , Windows 98, Win Xp). Cek juga system requirmentnya seperti; apakah untuk Pentium IV , Pentium III, atau AMD.

 

Suhu PC terlalu panas. Sering terjadi hardware tidak bisa bekerja karena suhunya (terutama suhu prosesor maupun mainboard) terlalu panas, tambahkan kipas lebih banyak lagi atau biarkan PC Anda beristirahat (1 atau 2 jam) dulu sebelum dihidupkan lagi. Kalau mau, sesekali buka cpu Anda, bersihkan debu-debu yang menempel pada semua ‘jeroan’ dalam cpu (terutama pada heatsink prosesor) dengan kuas lembut atau bisa dengan vacum cleaner mini secara hati-hati. Jika mungkin lepaskan heatsink dari prosesor dan oleskan salep thermal (silikon) seperlunya jika sudah kering.

 

Power Supply. Supply listrik yang kurang juga dapat membuat PC jadi tidak berfungsi dengan baik. Sesuaikan daya pada Power Supply dengan kebutuhan listrik dari PC itu sendiri. Hati-hati karena kebanyakan orang tidak memperhitungkan perkara ini ketika membeli (merakit) pc. Kadang juga OS tidak mau diinstall, misalnya saat instal baru jalan 20%, tiba-tiba terjadi error dan restart lagi. Selain itu, pc tidak bisa melewati proses POS dan restart berulang-ulang. Kekurangan asupan listrik ke semua hardware juga dapat mengakibatkan hal yang buruk terjadi. Pertimbangkan untuk membeli power supply yang pure (murni) akurasi watt nya.

6 responses to “Gejala Komputer Sering Restart

  1. Pengalaman pribadi..sebagai berikut
    GEJALA
    #komputer sering restart trs krng dari 1 jam

    LANGKAH PEBAIKAN
    1. bersihkan CPU mungkin bnyk debu
    2. Ganti Power Supply
    3. Ganti memory card
    4. Clear mos
    5. Ganti Mainboard

    PENYELESAIAN.
    coba install ulang tetap g mau masuk OS Windows XP error. udh deh tunggu abis bulan nunggu gajian..
    langsung ke TKP mangga2.Beli Mainboard. mlm di rakit & install,jadi komputer baru.

    Bagaimana dng Anda. Ayo Sharing di sini…!

  2. klo conection internet sering restart, piye Om…?
    maksih yh arikel’a…
    Oya ijin Copas …jazzakalloh

    • faktor yang membuat internet/komputer sering restart:
      1. Coba install ulang mozillanya.
      2. Komputer kena virus
      3. Anda menggunakan windows xp bajakan.

      • Klo sering restart oleh kabel usb sih gimana?
        pdahal klo flasdisk ga apa apa tpi klo kabel usb malahan sering restart sendiri
        udah di coba dengan kabel usb yang lainnya tapi hasilnya juga tetep sama

  3. ..TERIMAH KASIH BNG ATAS INFO Y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s